Setup VLAN on Mikrotik and HP 1810-24 Managed Switch (J9801A)

VLAN (Virtual Local Area Network) sebuah jaringan virtual yang berada dalam satu jaringan Local Area Network (LAN) yang mana dapat dikonfigurasi dengan beberapa segmen IP address berbeda. Dalam Jaringan VLAN, kita bisa membuat VLAN ID sebanyak 4096, namun jumlah tersebut bisa terbatas dikarenakan kualitas dari hardware pada switch / router yang support pada VLAN tersebut.

Pada Switch HP 1810-24 yang saya gunakan ini mampu menampung VLAN Sebanyak 4094 (Banyak ya? gumoh-gumoh dah lu) dan saya menggunakan Routerboard Mikrotik RB951Ui-2HnD yang mana di dalamnya sudah terdapat 2 VLAN dan saya hanya menambahkan 1 VLAN lagi. Berikut konfigurasinya.

1. Pertama membuat VLAN ID pada Router, klik interfaces. Pada Interface list, pilih tab VLAN.

2. Isikan Nama VLAN, VLAN ID dan Interface. Pada kasus ini, saya menggunakan Interface ether4 sebagai Master Port untuk VLAN.

3. Setelah membuat VLAN ID selesai, selanjutnya yaitu membuat IP Address untuk VLAN dan Setup DHCP Server agar client VLAN mendapat IP secara otomatis dari router.

Sampai sini membuat VLAN ID di router sudah selesai, selanjutnya seting VLAN pada Switch Managed.

1. Login Switch pada webGUI. IP default pada Switch HP 1810-24 adalah 192.168.2.10, namun saya sudah menggantinya menjadi 10.0.0.2 IP yang sudah saya seting pada interface ether4. Selanjutnya pilih VLAN dan pilih tab VLAN Configuration. Beri tanda centang pada Create VLAN, lalu isikan VLAN ID dengan yang sudah kita seting pada router tadi. Kemudian Apply, jika VLAN ingin diberi nama, centang Set Name dan isikan nama yang diinginkan.

2. Kemudian pindah ke Tab Partition / Tagging. Ubahlah VLAN Member, secara default, keseluruhan VLAN ID yang terdaftar yaitu Exclude, rubahlah menjadi untagged (U) dan Tag / Tagged (T). Untuk Untagged (U) pilih port untuk klien, dalam konfigurasi ini saya menggunakan port 12 untuk join di VLAN 12. Sedangkan untuk Tag / Tagged (T) sesuaikan dengan port router yang terhubung dengan Switch (disini saya menghubungkan ke port 23)

Sampai sini konfigurasi VLAN selesai, selanjutnya tinggal menghubungkan klien ke port VLAN. Jika kurang jelas mengenai tutorial diatas, berikut video konfigurasinya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *