Mengamankan Router Mikrotik

Sebagai seorang Administrator Jaringan, kita harus mampu mengamankan Router agar terhidar dari hal-hal yang tidak diinginkan, baik dari jaringan local maupun internet. Hal ini sangat perlu diperhatikan agar terhidar dari serangan DDoS, Virus, dan lain sebagainya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tentang langkah awal mengamankan Router Mikrotik.

1. Mengamankan Router dengan fitur IP Services

Dengan fitur IP service, kita bisa mengubah / mematikan port yang tercantum pada service dan menentukan IP berapa saja yang boleh login ke Mikrotik. Jika mengubah port maka pada saat login melalui winbox / webfig kita harus mencatumkan port yang telah kita rubah, misalnya ipaddress:port atau 192.168.x.x:123.

2. Mengamankan Router dengan mematikan fitur Neighbor

Fungsi dari menonaktifkan Neighbor List ini yaitu pada saat kita membuka winbox maka informasi seperti IP, Mac address, Identitas, dan lain sebagainya tidak akan muncul.

3. Mengamankan Router dengan mematikan fitur MAC Server

Untuk MAC Server juga perlu di nonaktifkan supaya tidak bisa login dengan MAC Address dengan winbox.

4. Mengamankan Router dengan fitur Firewall Filter

Kalau dengan Firewall Filter ini kita bisa mengatur network yang diizinkan untuk login maupun interface pada mikrotik dan lain sebagainya.

dan masih banyak lagi cara mengamankan Router Mikrotik. Pada dasarnya seorang Adminisrator Jaringan sangat wajib untuk mengamankan perangkat / peripheral yang dikelolanya. Salam 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *