Mikrotik Layer7Protocol untuk Limit Video Youtube.

Ketika dikantor menggunakan speed internet yang rendah, kita harus pandai membagi kebutuhan bandwidth untuk setiap user, apalagi ketika banyak user dikantor yang memutar video youtube pada saat jam kerja. Salah satu caranya adalah dengan limitasi video pada youtube, dengan cara ini maka video youtube tidak akan berjalan.

Pertama yang dilakukan adalah memasukan regex pada Layer7Protocol. Pilih IP -> Firewall -> Layer7Protocol, klik +(add) dan masukan regex:

r[0-9]+---[a-z]+-+[a-z0-9-]+\\.googlevideo\\.com

Regex Layer7 Protocol

Setelah itu buat penanda koneksi dan paket melalui IP -> Firewall -> Mangel, klik +(add), lakukan sesuai dengan jaringan anda. Setelah Mangle selesai dibuat, kemudian kita mulai limitasi video youtube melalui Queue Simple atau Queue Tree. Pada kasus ini saya menggunakan Queue Simple.

/ip firewall mangle
add chain=forward src-address=10.1.1.1 layer7-protocol=youtube2 action=mark-connection new-connection-mark=limit_youtube
add chain=forward connection-mark=limit_youtube action=mark-packet new-packet-mark=limit_youtube_pkt passthrough=no

Mangle dan Queue Simple

Jika limitasi sudah berjalan. selanjutnya sesuaikan penjadwalan dikantor anda. sebagai contoh saya menjadwalkan untuk melimitasi video youtube pada jam 12.00 s/d 23.00 kemudian dilanjut pada jam 00.00 s/d 11.00. Untuk melakukan penjadwalan dengan jam yang berbeda, kita harus menambahkan 1 atau lebih rules Mark Packet sesuai dengan kebutuhan. dan untuk penjadwalannya bisa pada tab Extra -> Time.

Penjadwalan limit youtube pada Mangle

Cara ini adalah untuk melimitasi video youtube, bukan untuk blok situs youtube. Untuk lebih jelasnya, silahkan putar video dibawah. Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *